Kurikulum Pembelajaran

By administrator 05 Jul 2015, 16:32:54 WIB

Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang menyelenggarakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 dengan 3 (tiga) Peminatan (Jurusan):

  1. Ilmu-ilmu Keagamaan
  2. Matematika dan Ilmu Alam
  3. Ilmu-ilmu Sosial

Peserta Didik akan masuk penjurusan sejak awal masuk kelas 10 (Sepuluh).

Di semua jurusan, peserta didik akan mendapatkan mata pelajaran wajib berupa mata pelajaran: Al Qur`an Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqh, Sejarah Kebudayaan Islam, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, PKn, Sejarah Nasional dan Penjasorkes.

Ilmu-ilmu Keagamaan

Pada Peminatan ini peserta didik akan mendapatkan tambahan mata pelajaran peminatan berupa mata pelajaran: Tafsir, Ilmu Hadits, Ilmu Fiqh, Ilmu Kalam, Akhlaq dan porsi jam yang lebih banyak pada mapel Bahasa Arab. Lulusan dari Peminatan ini nantinya diutamakan dapat melanjutkan studi di Fakultas Syariah, Adab, Ushuluddin, Dakwah, Dirosat Islamiyyah, Tarbiyah dan PAI pada universitas umum.

Matematika dan Ilmu Alam

Pada Peminatan ini peserta didik akan mendapatkan tambahan mata pelajaran peminatan berupa mata pelajaran: Fisika, Biologi, Kimia dan porsi pelajaran Matematika yang lebih banyak. Lulusan dari Peminatan ini nantinya diutamakan dapat melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan, Teknik/Informatika, MIPA, Psikologi, Akademi Meteorologi dan Geofsika, Akademi Penerbangan dan lain-lain.

Ilmu-ilmu Sosial

Pada Peminatan ini peserta didik akan mendapatkan tambahan mata pelajaran peminatan berupa mata pelajaran: Ekonomi Akuntansi, Sosiologi, Geografi, Ilmu Sejarah. Lulusan dari Peminatan ini nantinya diutamakan dapat melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi, Hukum, FISIP, Perbankan Syariah dan Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial.

Program Lintas Minat

Program Lintas Minat merupakan program wajib bagi siswa berupa pembelajaran yang mata pelajarannya diambil dari mata pelajaran yang bukan mata pelajaran yang dipelajari di kelas. Peminatan (Jurusan) siswa bersangkutan. Pilihan Mapel Lintas Minat dipilih sendiri oleh siswa sesuai keinginannya. Contoh: seorang siswa Peminatan Ilmu-Ilmu Keagamaan mengambil mata pelajaran Fisika sebagai mapel program Lintas Minatnya.