MAN 1 Tangerang berikan santunan Anak Yatim

By administrator 21 Agu 2021, 11:56:07 WIB Umum
MAN 1 Tangerang berikan santunan Anak Yatim

Dalam rangka menyambut tanggal 10 Muharam tahun 1443 H, Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang mengadakan santunan anak Yatim untuk siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang. Kegiatan santunan anak yatim tersebut bertempat di Masjid Baitut Thalibin MAN 1 Tangerang pada kamis (19/08) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dikarenakan kondisi yang masih dalam masa pandemi covid-19 yang dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakamad Bidang Kesiswaan, Wakamad Bidang Humas, Anggota Rohis, Komite, dan para siswa/i Penerima Santunan Yatim

Kegiatan santunan Anak Yatim tersebut sesuai dengan apa yang telah diperintahkan dalam Alqur’an surat An-nisa ayat 36. Keutamaan memuliakan anak Yatim tidak hanya membawa kebaikan dan kebahagiaan pada anak Yatim itu sendiri, dengan memuliakan anak Yatim ternyata yang melakukanyapun mendapat keutamaan di mata Allah SWT. Seperti apa yang telah disabdakan Nabi Muhammad SAW, ”Barang siapa yang memberi makan dan minum seorang anak Yatim di antara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkanya ke surgaNya, kecuali dia melakukan suatu dosa yang tidak diampuni.”

Dalam sambutannya Kepala Madrasah Hj. Eswa Tresnawati, S.Pd., M.Si, bahwasannya tanggal 10 muharram mempunyai makna yang sangat penting bagi ummat Islam. Banyak kejadian penting terjadi pada tanggal 10 muharram. Salah satu cara untuk memperingati 10 Muharram adalah dengan melaksanakan santunan kepada anak yatim.
“Jadikan 10 Muharram sebagai momentum awal di kala kita memuliakan anak Yatim. Selanjutnya kita sebagai umat islam khususnya warga Madrasah dalam lingkungan Kementerian Agama harus bisa menjadi suri tauladan melalui kegiatan awal gerakan memuliakan anak yatim. Sebab jangan sampai anak yatim menjadi kelaparan setelah melewati bulan muharam ini dan tetap semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran di MAN 1 Tangerang,” kata Kepala Madrasah Hj. Eswa Tresnawati, S.Pd., M.Si.


Sementara itu Drs. H. Dadan Ramdan, M.Pd, selaku Wakamad bidang Kesiswaan mengatakan bahwa kegiatan ini dapat memberikan santunan sebanyak 60 siswa/i yatim yang berasal dari kelas X (Sepuluh), XI (Sebelas) dan XII (duabelas) dengan masing-masing mendapatkan santunan Rp 150.000. (seratus lima puluh ribu rupiah). Dana tersebut berasal dari sumbangan keluarga besar MAN 1 Tangerang .“Alhamdulillah anak-anak yatim menerima santunan dengan gembira walaupun jumlahnya tidak seberapa semoga bisa bermanfaat,” urainya.

Sementara, salah satu siswa penerima santunan mengucapkan, sangat terbantu dengan adanya santunan ini. “Uang ini akan saya gunakan untuk membeli kuota agar saya dapat mengikuti pembelajaran daring dengan lancar,” ucapnya.

Kegiatan santunan anak Yatim ini ditutup dengan doa bersama.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment